Senin, 01 September 2014

Tipe Generator Pembangkit Listrik (Genset)

7 Macam Genset

Seperti yang sudah kita ketahui, genset merupakan salah satu solusi yang sangat digemari untuk mengatasi masalah listrik padam. Genset sendiri dibedakan menjadi 7 macam dengan fungsi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan penggunanya. Contohnya pasokan listrik yang dibutuhkan sebuah industri,toko,dsb pasti akan berbeda dengan kebutuhan pasokan di rumah-rumah. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui genset mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.




Berikut ini 7 macam genset :

  1. Mesin gas : menggunakan bahan bakar gas, biasanya digunakan untuk rumah-rumah karena bahan bakarnya yaitu LPG mudah didapatkan. Jika ingin digunakan untuk industri, maka pengguna harus membangun infrastruktur pipa gas yang mendistribusikan gas tersebut sebagai bahan bakarnya.
  2. Mesin diesel : mempunyai kapasitas output yang beragam, mulai dari 5.000 Watt hingga 2.000.000 Watt. Kemudian jumlah silindernya dari 2 silinder sampai dengan 16 silinder.
  3. Mesin bensin : biasanya kapasitas mesin yang menggunakan bahan bakar bensin ini rendah, kapasitasnya maksimal hanya 10.000 Watt. Menggunakan 1 silinder segaris dengan 1 busi. Kelebihannya yaitu genset ini praktis.
  4. Generator solar : biasanya digunakan untuk tempat-tempat komersial sebagai back up. Genset ini biasanya ditempatkan di atas rumah dekat dengan solar panel.
  5. Generator portable : genset ini digemari untuk para petualang yang sering berkemah dan membutuhkan listrik, karena genset ini sangat praktis dan cocok untuk kondisi di lingkungan luar.
  6. Mesin turbin : termasuk power generator karena mempunyai kapasitas diatas 2.000.000 Watt. Generator ini sanggup menerangi sebuah kota kecil.
  7. Genset bertenaga urine : ditemukan oleh 4 pelajar Afrika. Generator ini menggunakan bahan bakar urine. Dengan 1 liter urine maka dapat mengalirkan listrik selama 6 jam. 


1 komentar:

Genset Perkins , genset cummins, genset yanmar termasuk tipe yang mana?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More